Berita informasi yang unik aneh menarik seru yang akan membuat anda terkejut

5 Mitos Aneh Gerhana Matahari

belum lama ini Sebagian masyarakat dunia mengalami fenomena alam gerhana matahari total, gerhana matahari total ini dapat dilihat di Inggris raya terutama di Skotlandia. Secara ilmu pengetahuan, gerhana matahari terjadi karena letak bulan sejajar diantara matahari dan bumi sehingga membuat cahaya matahari tertutup oleh bulan.

Sebelum gerhana matahari dapat dijelaskan oleh ilmu pengetahuan, banyak mitos mengenai sebab terjadinya, berikut 5 Mitos aneh gerhana matahari :

1. Matahari dimakan Naga

Pada jaman China Kuno, fenomena gerhana matahari dihubungkan dengan mitos dimana seekor naga sedang berusaha memakan matahari. Kepercayaan matahari dimakan naga ini berlangsung 4.000 tahun yang lalu. Pada saat itu, sekitar 2000 tahun sebelum masehi, terjadi fenomena gerhana matahari, masyarakat disana yang percaya matahari dimakan naga berusaha membunyikan suara-suara keras seperti petasan, bukan hanya itu, prajurit kerajaan juga ikut menembakan meriam kearah matahari, hal-hal tersebut dilakukan agar matahari bersinar lagi dan tidak dimakan oleh naga.


2. Dewa matahari bertarung melawan ular
Di Mesir kuno, gerhana matahari dianggap karena adanya peristiwa pertarungan antara dewa matahari (RA) dengan dewa ular laut (Apep).

Dewa matahari yang berbentuk manusia berkepala elang ini dipercaya dalam kesehariannya memimpin sebuah perahu yang berisi para dewa untuk melintasi langit yang dalam perjalanannya kerap menemui bahaya yaitu gangguan dari dewa ular laut. Jadi pada saat gerhana matahari, masyarakat Mesir kuno percaya bahwa sedang ada pertarungan antara RA dengan APEP, dan RA selalu bisa meloloskan diri sehingga matahari bersinar kembali.

3. Gerhana matahari pembawa racun
Masyarakat Jepang mempercayai bahwa gerhana matahari adalah pembawa racun yang dapat menyebabkan sumber daya alam seperti air dapat berbahaya untuk dikonsumsi.

Masyarakat jepang pada jaman dahulu mempercayai bahwa gerhana matahari membawa wabah yang sangat berbahaya sehingga jika gerhana matahari terjadi, orang-orang akan menutup sumur-sumur mereka agar tidak terkontaminasi racun dari gerhana.

4. Matahari dimakan Setan
Di india, mitos gerhana matahari terjadi beberapa tahun lalu, pada 28 juli 2009 terjadi fenomena gerhana matahari di india. Peramal india memprediksikan akan ada kekacauan diseluruh dunia akibat dampak dari gerhana matahari total.

Dalam mitos, dipercaya dua setan yang bernama Rahu dan Ketu menelah matahari. Wanita hamil tidak diperbolehkan keluar rumah selama terjadi gerhana berlangsung agar anak tidak terlahir dalam keadaan cacat.

5. Matahari dimakan Batara Kala
http://pembesarpria.com/minyak-urut-pembesar-penis-arabian-oil/
Dalam mitos Jawa, fenomena gerhana matahari dipercaya karena raksasa Batara Kala atau Rahu menelan matahari, yang disebabkan rasa dendam kepada matahari.

Muncul kepercayaan pada saat terjadi gerhana matahari maka wanita hamil dan anak-anak diharuskan tetap diam didalam rumah untuk menghindari kemurkaan dari batara kala.

Sampai sekarang dibeberapa wilayah di pulau jawa, mitos matahari ditelan batara kala ini masih dipegang teguh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Mitos Aneh Gerhana Matahari