Berita informasi yang unik aneh menarik seru yang akan membuat anda terkejut

Berlari Memakai Jaket Ternyata Berbahaya Loh

Seringkali kita melihat orang berlari menggunakan jaket, jika ditanya mengapa menggunakan jaket? mungkin jawaban nya adalah agar lebih banyak lemak yang terbakar, atau agar bentuk tubuh menjadi cepat terbentuk. Apakah hal tersebut benar?

lari pagi , foto:saranagaya.com
Pernyataan seorang dokter spesialis kedokteran olahraga Zaini Siregar dari Royal Sport Medicine Center Jakarta mungkin akan merubah pandangan orang yang selama ini suka berlari menggunakan jaket.

Menurut Dokter Zaini, seperti yang dikutip dari national geohraphic.co.id "Saat kita lari, suhu tubuh itu tinggi. Namun, Tuhan menciptakan keringat supaya suhu tubuh tidak terlalu panas. Jadi, keringat itu dikeluarkan untuk mendinginkan suhu tubuh. Kalau sudah dehidrasi, tidak ada cairan, suhu tubuh kita akan terlalu tinggi, lebih dari 40 derajat celsius, bisa heat stroke,".

Saat suhu tubuh tinggi, pemakaian jaket juga hanya memperparah kondisi tubuh. Gejala heat stroke di antaranya ialah pandangan mulai berkunang-kunang, wajah pucat, tangan dingin, hingga tak sadarkan diri. Ketika tubuh kekurangan cairan, darah akan menjadi kental sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu, termasuk ke jantung hingga otak. Heat stroke biasanya terjadi pada pelari jarak jauh.

Nah bagi yang suka berlari dengan menggunakan jaket, rasanya bisa berganti ke pakaian yang lebih nyaman dan menyerap keringat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berlari Memakai Jaket Ternyata Berbahaya Loh