Berita informasi yang unik aneh menarik seru yang akan membuat anda terkejut

Jamur Pelawan, Jamur Termahal di Indonesia

Jamur adalah salah satu bahan masakan yang bisa diolah menjadi berbagai macam kuliner mulai dari makanan ringan hingga berat. Di salah satu pulau di Indonesia yaitu di pulau bangka, ada olahan jamur yang sangat mahal, bisa jadi merupakan jamur termahal di indonesia.

jamur pelawan, foto: zonabangkabelitung.com
Nama jamur termahal di Indonesia ini adalah Jamur pelawan, harga per kilogram nya bisa mencapai Rp. 2 jt. Jamur pelawan ini bisa ditemui di desa Naman, Kabupaten Bangka Tengah.

Harga jamur pelawan bisa sangat mahal karena membutuhkan banyak usaha dari alam (secara alami) agar bisa tumbuh baik. Jamur pelawan tumbuh setelah 2-3 bulan kemarau dan hujan sekitar 1 minggu. Ada juga kepercayaan masyarakat disana jika jamur Pelawan baru bisa tumbuh setelah ada petir.

Selain membutuhkan usaha alam, jamur pelawan hanya bisa dipanen 1-2 kali dalam satu tahun antara bulan september-oktober. Karena keunikannya, kini jamur Pelawan sedang diteliti oleh beberapa Ilmuwan Jepang.
jamur pelawan kering, foto : travelkompas.com
Jamur Pelawan biasa disajikan sebagai menu masakan dalam tradisi makan bedulang khas bangka. Jika anda berkunjung kesana, anda bisa mencicipi jamur termahal di Indonesia ini dalam bentuk nasi bedulang yang berisi 6 Lauk untuk 4-5 orang seharga Rp. 300 ribu. Selain dibuat nasi bedulang, Jamur Pelawan juga dijual dalam bentuk kering.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jamur Pelawan, Jamur Termahal di Indonesia