Berita informasi yang unik aneh menarik seru yang akan membuat anda terkejut

MISTERI TRADISI MASANGIN BERINGIN KEMBAR ALUN-ALUN KIDUL YOGYA

Beringin kembar yang berada di alun-alun kidul Yogya, sangat terkenal karena memiliki tradisi unik yang bernuansa misteri yaitu Masangin.

beringin kembar, liputan6
Masangin adalah tradisi berjalan melintasi celah diantara kedua pohon beringin, terlihat mudah? tentu saja tidak semudah ini, karena siapapun yang melakukan Masangin, harus melewati celah kedua beringin dengan mata tertutup.

Jarak antara kedua beringin cukup lebar, tapi banyak yang gagal pada saat mencoba. Masyarakat disana percaya, bahwa orang yang berhasil melakukan Masangin berarti dia memiliki hati yang bersih.

Masangin sudah ada sejak jaman dahulu

Tradisi Masangin ternyata sudah ada sejak jaman dahulu. Pada awal kesultanan Yogyakarta, Masangin dilakukan setiap malam 1 Suro. Saat itu, para prajurit dan abdi dalem kerajaan mengelilingi benteng dan dilarang berbicara sepatah katapun.

Selain tradisi Masangin, ada mitos yang menyebutkan bahwa beringin kembar itu adalah pintu gerbang menuju laut selatan, tempat kediaman Nyi Roro Kidul.

Nah bagi anda yang belum punya ide atau tujuan untuk mengisi libur panjang, jalan-jalan ke alun-alun kidul Yogya dan mencoba tradisi Masangin bisa menjadi alternatif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : MISTERI TRADISI MASANGIN BERINGIN KEMBAR ALUN-ALUN KIDUL YOGYA